Rabu, 23 Oktober 2013

Silabus Mata Kuliah Pengantar Studi Islam (PSI)

SILABUS MATA KULIAH PENGANTAR STUDI ISLAM (PSI) DOSEN: AH. MANSUR, SE. M.Pd.I SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AL-AZHAAR A. INFORMASI UMUM Nama Mata Kuliah : Pengantar Studi Islam (PSI) Kode Mata Kuliah : Program Studi : S-1 Bobot SKS : 2 SKS (12 Kali Pertemuan) B. DESKRIPSI Mata kuliah Pengantar Studi Islam (PSI) merupakan mata kuliah dasar baru dalam kurikulum 2013. PSI diajarkan untuk membekali mahasiswa dalam rangka memiliki pengetahuan Islam secara komprehensif (secara luas dan mendalam). Sebagai mata kuliah ilmu-ilmu keislaman pokok, PSI didesain menyiapkan sarjana muslim yang cakap dalam hal akademik dan interaktif terhadap masyarakat dengan wawasan Islam yang dimilikinya. C. STANDAR KOMPETENSI Peserta didik memiliki pemahaman ajaran Islam normatif dan empiris: aqidah, syari’ah, akhlaq serta sejarah peradaban Islam. D. KOMPETENSI DASAR Peserta didik mampu memahami dan mempunyai gambaran integral dan sikap ilmiah dalam mengkaji aspek-aspek agama Islam, baik ajaran, institusi sosial maupun budaya dengan menggunakan berbagai metode dan pendekatan yang sesuai serta menerapkannya dalam pengkajian tematik. Dengan demikian, pemahaman Islam normatif dan empiris akan menciptakan bentuk pemaknaan Islam holistik, Islam universal dan Islam inklusif. E. POKOK BAHASAN 1. Pengertian dan Ruang Lingkup Studi Islam a. Pengertian Studi Islam b. Ruang Lingkup Studi Islam c. Tujuan Studi Islam d. Pendekatan dan Metodologi Studi Islam 2. Dinamika Studi Islam di Dunia a. Studi Islam di Barat b. Studi Islam Islam di Timur c. Studi Islam di Indonesia 3. Islam Normatif dan Historis a. Pengertian Islam Normatif b. Pengertian Islam Historis c. Pengelompokan Islam Normatif dan Historis d. Membangun Universalisme Islam 4. Sumber Ajaran Islam a. Al-Qur’an b. Hadits c. Ijtihad 5. Karakter Studi Islam a. Studi Al-Qur’an b. Studi Hadits c. Studi Hukum Islam d. Studi Sejarah Islam 6. Epistemologi Keilmuan Islam a. Model Berpikir Bayani b. Model Berpikir Burhani c. Model berpikir Irfani 7. Berbagai Pendekatan Teks Studi Islam a. Pendekatan Normatif b. Pendekatan Semantik c. Pendekatan Filologi d. Pendekatan Hermeneutika e. Pendekatan Wacana 8. Berbagai Pendekatan Konteks Studi Islam a. Pendekatan Teologis b. Pendekatan Yuridis c. Pendekatan Psikologis d. Pendekatan Historis e. Pendekatan Antropologis f. Pendekatan Sosiologis g. Pendekatan Filosofis h. Pendekatan Fenomenologis 9. Isu-isu Kontemporer dalam Studi Islam a. Islam Liberal b. Islam dan Terorisme c. Islam dan Pluralisme Beragama d. Islam dan Kesetaraan Gender F. REFERENSI PERKULIAHAN 1. Bacaan Wajib • Abd. Rachman Assegaf, Studi Islam Kontekstual, Yogyakarta: Gama Media, 2005. • Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Logos, 1998. • Ali Anwar Yusuf, Studi Agama Islam untuk Perguruan Tingggi Umum, Bandung: Pustaka Setia, 2003. • Atang Abd Hakim & Jaih Mubarok, Metodologi Studi Islam: Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya, cet XI, 2009. • Khoiruddin Nasution, Pengantar Studi Islam, Yogyakarta: Academia, 2009. • Ngainun Naim, Pengantar Studi Islam, Yogyakarta: Teras, 2009. • Rosihan Anwar dkk, Pengantar Studi Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2009. 2. Bacaan Tambahan • Ahmad Norma Permata, Metodologi Studi Agama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000. • Ahmad Sahidin, Aliran-Aliran dalam Islam, Bandung: Salamadani, 2009. • Alwi Sihab, Islam Inklusif; Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama, Bandung, Mizan 1999. • Carl Brokelman, History of the Islamic People, London, Routledge & Keagen Paul Limited, 1949. • Fazlur Rahman, Islam, London: University of Chicago Press, 1966. • Harun Nasutian, Pembaruan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang, 1973. • Harun Nasution, Islam Ditinjau dari Beberapa Aspek, Jakarta: Bulan Bintang, 1985. • M. Amin Abdullah, Islamic Studies. Pustaka Pekajar: Yogyakarta • M. Amin Abdullah, Studi Agama: Normatifitas dan Historisitas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996. • M. Atho’ Mudzhar, Pendekatan Studi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999. • M. Dede Ridwan, Tradisi Baru Penelitian Agama Islam, Tinjauan Antardisiplin Ilmu. • Maulana Muhammad Ali, Islamologi, Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hoeve, 1980 • Muhaimin et., Dimensi-Dimensi Studi Islam, Surabaya: Karya Abditama, 1994. • Mukti Ali, Metode Memahami Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1991. • Mulyanto Sumardi, (ed.), Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran, Jakarta: Sinar Harapan, 1981. • Nurcholis Majid, Islam Doktrin dan Peradaban, Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina,1992. • Peter Connolly (Ed), Aneka Pendekatan Studi Agama, Yogyakarta: LKiS, cet II, 2009. • Rustam E Taburaka, Pengantar Ilmu Sejarah, Teori Filsafat Sejarah, Sejarah Filsafat dan IPTEK, Jakarta: Rineka Cipta, 1999. • Taufik Abdullah dan M. Rusli Karim (ed.), Metodologi Penelitian Agama: Sebuah Pengantar, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991. • Yusra Marasabessy (Kontributor), Desekularisasi Pemikiran Landasan Islamisasi, Mizan, Bandung: 1987. G. SISTEM PERKULIAHAN 1. Ceramah Dosen memberikan penjelasan dalam perkuliahan ketika membuka mata kuliah dan klarifikasi persoalan dalam perjalanan diskusi kelas. 2. Presentasi Semua mahasiswa wajib mempresentasikan makalah yang dibuat secara kelompok. Presentasi dilakukan secara berkelompok sesuai dengan urutan pokok bahasan mata kuliah. Dalam presentasi makalah diperbolehkan menggunakan alat bantu LCD dengan menyajikan presentasi power point (minimal 5 halaman) yang menayangkan point-point makalah. Khusus untuk slide power point dibuat oleh perwakilan kelompok. Mahasiswa juga diperbolehkan menggunakan metode active learningsesuai dengan kemampuan yang dimiliki. 3. Resitasi (Tugas) a. Tugas Makalah Kelompok • Membuat makalah dengan format tema sesuai daftar bab dalam silabus (minimal 15 halaman font times new roman spasi 1,5 dengan menggunakan 5 buku referensi)—disertai dengan halaman sampul dan biodata singkat mahasiswa • Dikumpulkan pada Pertemuan Ketiga kepada Komting dalam bentuk hard copy dan soft file untuk selanjutnya di-layout menjadi BUKU/DIKTAT yang selanjutnya digunakan dalam semua sesi perkuliahan • Makalah dipresentasikan di depan kelas secara berurutan • Pada saat presentasi wajib membawa/fotocopy referensi buku/kitab yang dijadikan rujukan • Makalah akan dikoreksi dan jika menyimpang dari pembahasan wajib revisi (perbaikan) b. Tugas Slide Power Point • Setiap Kelompok diwajibkan membuat slide power point (minimal 5 halaman) • Slide power point berisi inti bahan presentasi • Dikumpulkan pada Pertemuan Ketiga kepada Komting dalam bentuk hard copy dan soft file c. Test Mid Semester dan Akhir Semester • Test Mid Semester dilaksanakan sesuai kalender akademik • Test Akhir Semester dilaksanakan sesuai kalender akademik • Masing-masing soal TTS dan TAS berjumlah lima diambil dari bahan perkuliahan yang telah disampaikan di kelas (baik penjelasan dosen atau hasil presentasi) H. SISTEM EVALUASI Perkuliahan ini akan memberi bobot nilai pada komponen-komponen berikut: a. Kehadiran 10% b. Tugas Kelompok & Individu 10% c. Keaktifan dalam Kelas 10% d. Ujian Tengah Semester 30% e. Ujian Akhir Semester 40%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar