PETA KONSEP MATA KULIAH
KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ANAK
Mata Kuliah : Kepemimpinan Pendidikan Anak
Bobot : 2 SKS
Prodi : Pendidikan Guru Raudhatul Athfaal
Semester : III
A.
Pendahuluan
B. Fitrah Kepemimpinan Manusia
1.
Otoritas Allah
-
Dibimbing langsung oleh
Allah, seperti kasus Nabi Adam, 7 pemuda dalam gua
-
Lahir dari keluarga kafir
tetapi Allah berikan hidayah, seperti kasus Nabi Ibrahim, Nabi Muhammad
-
Lahir dari keluarga taat
agama, tetapi Allah tidak memberikan hidayah, seperti kasus putra dan istri
Nabi Nuh, serta istri Nabi Luth.
2.
Fitrah Kepemimpinan Orang
Tua
3.
Peran Kepemimpinan Orang
Tua
4.
Pergeseran Peran
Kepemimpinan Orang Tua
C.
Peran Lembaga Pendidikan
Anak Usia Dini
Urgensi Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Tengah
Pergeseran Nilai dan Budaya
1.
Fungsi Parenting
2.
Fungsi merangsang
keceradasan spiritual, emosional dan social
3.
Fungsi membangun kecerdasan
intelektual
4.
Fungsi membangun budaya dan
lingkungan yang dinamis dan agamis
5.
Fungsi melatih keahlian
bahasa dan seni
D. Peran Lingkungan Masyarakat Dalam Pembentukan Kepribadian
1.
Pengaruh Kebiasaan, adat
dan budaya masyarakat
2.
Pengaruh Antropologis
3.
Pengaruh Geografis
4.
Pengaruh Bahasa
E. Peran Rumah Ibadah dan Tradisi Keagamaan di Masyarakat
1.
Pengaruh Masjid
2.
Pengaruh Tradisi Yasinan,
tahlilah, syukuran, hataman al-Qur’an dll
3.
Pengaruh Kepribadian Imam
Masjid
F. Model – Model Kepemimpinan Pendidikan Anak
1.
Behavioristik
2.
Uswah Hasanah
3.
Implementatif
G. Model Kepemimpinan Pendidikan Rasulullah
H. Prasyarat Memilih dan Menyiapkan Ruang Pendidikan Anak
1.
Dalam Lingkungan Keluarga
2.
Dalam Lembaga Pendidikan
3.
Tempat Bermain
4.
Tempat Rekreasi
5.
Tempat Belanja
6.
Langgar atau Masjid
7.
Guru Ngaji
8.
Tempat Menitipkan Anak
I.
Metode Menyiapkan Manusia
Unggul
J.
Peran PAUD Dalam Membentuk
Manusia Unggul
K.
Penutup
Bagi mahasiswa yg sudah mengerjakan tugasnya harap emailkan ke : ahmansur75@gmail.com
BalasHapus